Bisnis

3 Peran Pelanggan yang Wajib Diketahui

3 Peran Pelanggan yang Wajib Diketahui

UGNews.co.id – Jakarta, Banyak pebisnis yang menginginkan jualannya laku keras, perusahaannya langgeng dan tahan lama diterpa waktu, halangan, dan rintangan, dan tentunya selalu dicintai pelanggan. Mendapatkan semua keinginan tersebut bukan hal mudah, meski demikian bukan berarti tidak mungkin dapat diraih.

Joseph Aditya (CEO Ralali.com) mencoba memberikan masukan mengenai jalan menuju tercapainya keinginan-keinginan tersebut. Pertama-tama perlu diketahui dulu bahwa Ralali.com sebagai Business-to-business Online Marketplace sudah berdiri cukup lama meski masih masuk kategori muda, yaitu sejak pertengahan 2013. Dalam rentang umur tersebut, Ralali sudah mendapatkan kepercayaan dari para pembeli dan penjual merek-merek ternama lokal dan internasional. Selain itu, Ralali juga dipercaya investor dan sudah mendapatkan pendanaan lebih dari Rp 35 miliar.

Meski demikian, Aditya merasa Ralali masih perlu banyak belajar untuk menciptakan perusahaan yang langgeng. Salah satu cara belajar tersebut antara lain dengan berbagi pengalaman membesarkan bisnis.

Berdasarkan pengalamannya membesut Ralali, Aditya berkisah bahwa pelanggan dapat dilihat melalui 3 peran, yaitu:

Dalam level strategis, pelanggan adalah sumber daya yang langka dari sebuah bisnis.

Dalam sebagian kasus, adalah hal mudah untuk melindungi sumber daya fisikal dari para pemasok di seluruh dunia atau menjaga modal perusahaan. Kemudian, bukanlah hal yang mudah untuk mempertahankan talenta terbaik, karena pengetahuan dan ide menjadi semakin esensial. Namun hal yang paling sulit dijaga, paling langka dan paling sulit dipertahankan adalah pelanggan.

Dalam level komersial, pelanggan adalah aset paling berharga dari sebuah bisnis.

Sudah tahukah Anda bahwa perusahaan-perusahaan terbaik masa kini memiliki nilai tak berwujud yang mencapai 86% dari total nilai kapitalisasi pasar (Brand Finance, 2010)? Aset dengan nilai tak berwujud yang paling besar biasanya merek, hubungan dan ide. Dua atau terkadang ketiga hal tersebut dikendalikan pelanggan.

Dalam level operasional, pelanggan terbaik adalah pelanggan yang memberikan biaya lebih rendah dan berbelanja lebih banyak.

Berbagai hasil riset menunjukkan dan mendeskripsikan pelanggan terbaik adalah mereka yang menyiapkan diri untuk menjalin hubungan jangka panjang dan saling menguntungkan. Riset-riset tersebut biasanya menunjukkan bagaimana pelanggan tersebut bertahan lebih lama, memberikan biaya lebih rendah, berbelanja lebih banyak, membayar lebih dan menceritakan hal positif ke orang-orang di sekitarnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top