Bisnis

Ciptakan Produk Pemecah Masalah, Bukan Pelengkap

Team Ralalii

UGNews.co.id – Apakah perusahaan rintisan (start-up) yang Anda dirikan memberikan solusi terhadap masalah? Atau malah hanya sekedar suplemen? Sebelum Anda mengomunikasikan produk-produk ke pasar, ketahui terlebih dahulu jawaban dari pertanyaan esensial tersebut.

Salah satu ciri bisnis yang mampu tumbuh berlipat ganda adalah kemampuannya memberikan solusi, bukan sekedar pelengkap atau cemilan. Jika dianalogikan, produk dengan kemampuan pertumbuhan berlipat ganda yang Anda tawarkan tersebut berfungsi sebagai painkiller (pemecah masalah), bukan vitamin (pelengkap).

Produk painkiller secara umum membantu para pelanggan mendapatkan lebih banyak manfaat, baik dari pendapatan atau keuntungan dengan segera, melalui peningkatan efisiensi dan efektifitas bisnis. Cara meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis tersebut dapat dilakukan dari sisi operasional hingga pengadaan barang. Singkatnya, painkiller adalah barang atau jasa yang memberikan solusi permasalahan bisnis.

Produk painkiller memberikan hal-hal yang benar-benar memenuhi kebutuhan konsumen dengan tajam. Lebih baik lagi, hal-hal tersebut disediakan berbasis pos anggaran yang memang sudah ada dalam catatan keuangan perusahaan alias tidak memerlukan pos anggaran baru. Sebagaimana kita ketahui, pembuatan pos anggaran baru memerlukan waktu dan melambatkan proses bisnis.

Layanan yang diberikan Ralali.com adalah contoh bisnis yang memberikan produk bertipe painkiller. Ralali sebagai perusahaan rintisan B2B (Business-to-Business) memosisikan dirinya sebagai online marketplace untuk produk-produk industri MRO (Maintenance, Repair, Operational).

Sejak masih berbentuk ide mentah, Ralali memiliki tujuan memberikan solusi ke setiap bisnis di Indonesia. Bagi para distributor produk-produk MRO (Maintenance, Repair, Operational) di Indonesia pasti mengetahui kesulitan untuk menjangkau dan memasarkan produk mereka kepada para calon pelanggan. Sedangkan di sisi para pebisnis yang membutuhkan produk-produk industri, khususnya MRO, mengalami masalah dalam hal pengadaan barang-barang industri secara efektif dan efisien. Baca Juga: Tips Jitu Mencari Konsumen

Mengetahui masalah tersebut, Ralali memberikan solusi berupa solusi produk painkiller satu pintu berbentuk platform teknologi yang menyediakan barang-barang industri MRO dari berbagai merek. Hal ini sejalan dengan visi Ralali untuk merevolusi infrastruktur perdagangan melalui inovasi dan teknologi.

Maka, milikilah pandangan kritis terhadap bisnis yang kita jalani berdasar perspektif para calon pelanggan kita. Cari tahu apa masalah mereka, kebutuhan mendesak mereka hari ini, dan bantu atasi masalah mereka dengan kemampuan dan sumber daya yang ada.

Dengan pendekatan bisnis ini, perusahaan rintisan yang kita jalankan akan lebih menarik di mata pelanggan dan investor prospektif. Dengan potensi pasar yang luas dan kemungkinan pendapatan semakin meningkat, perusahaan rintisan kita menjadi lebih menarik.

 

Baca Juga: 3 Taktik Jitu Tembus Target Marketing

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top