Bisnis

GudangBang Menjawab Masalah Logistik Indonesia

GudangBang

UGNews.co.id – Tren perlambatan perekonomian Indonesia sejak kuartal I 2011, meski menunjukkan perbaikan tren pada kuartal IV 2015, mengindikasikan sulitnya roda-roda bisnis Indonesia terus bergerak. Hal tersebut semakin diperparah oleh tingginya biaya logistik Indonesia yang mencapai 24% dari total Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Bahkan, biaya logistik Indonesia dinilai sebagai yang tertinggi di dunia melebihi Malaysia (15%) serta AS dan Jepang (10%).

Dari sudut pandang para pemilik properti komersial yang berhubungan dengan logistik, tingginya biaya menjadi hal yang sulit dihindarkan, antara lain Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang terus menanjak, harga tanah naik, banyaknya ruang gudang yang tidak terpakai, ruang ruko dan rukan menganggur, dan berbagai komponen lainnya yang membuat pening kepala.

Sementara dari perspektif pebisnis mikro, kecil, dan menengah yang membutuhkan gudang dan ruang sebagai bagian dari manajemen logistik dan manajemen rantai pasokan, mendapatkan gudang sesuai kebutuhan untuk meletakkan inventaris terasa sulit.

Kesulitan tersebut dimulai dari sedikitnya sewa gudang jangka pendek, luasan kecil, hingga biaya yang tidak sesuai kemampuan kantong. Padahal segmen UKM dan IKM adalah mayoritas dari unit usaha dagang dan industri nasional. Mereka juga sering menjadi penyelamat saat ekonomi melambat.

Kyatmaja Lookman, Presiden Direktur PT Lookman Djaja, yang turut merasakan permasalahan tersebut, akhirnya menggagas pembuatan platform yang mampu menjawab kebutuhan dan memberikan solusi terhadap masalah yang dialami para pemilik gudang sekaligus UKM, IKM, dan masyarakat yang membutuhkan gudang. GudangBang (www.GudangBang.com) kemudian dibentuk bersama-sama dengan tim yang terdiri dari Andika Priyandana, Ranggi Pangidoan, Bagus Pratama, dan Harry Ramananda.

Sebagai tahap awal, sebanyak 35 tempat penyimpanan dengan ukuran gudang yang sesuai dengan kebutuhan usaha mikro, kecil, dan menengah telah tersedia di kantor PT Lookman Djaja, Ancol. Ukuran gudang yang tersedia antara lain 1.2m x 3m x 2.4m dan 1.2m x 5m x 2.4m dengan harga sewa gudang mulai dari Rp 900.000/bulan. Hal yang menarik adalah per satu gudang disewa dapat digunakan bersama hingga lima orang. Sedangkan fasilitas pelengkap untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penyewa antara lain CCTV dan WiFi.

Untuk tahap lanjutan, GudangBang.com akan berekspansi ke kota-kota besar dan simpul logistik di Sumatra hingga Sulawesi.

Baca Juga: Ciptakan Produk Pemecah Masalah, Bukan Pelengkap

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top