Bisnis

7 Tips Digital Marketing untuk Startups

GudangBang

UGNews.co.id – Perusahaan rintisan alias startups semakin naik daun di Indonesia.  Start-ups tentu saja sangat identik dengan dunia internet. Namun sayangnya tidak sedikit para pelaku perusahaan rintisan yang masih agak gagap dalam mengeksekusi bisnis.

Maka, ada baiknya Anda ketahui delapan tips internet marketing dari Irwan Suryady, General Manager Ralali.com, berikut agar bisnis Anda tidak sekedar eksis di internet, tetapi juga mampu menghasilkan uang melalui dunia internet.

Berikut ini adalah 7 tips internet marketing dari Ralali.com yang pantas untuk Anda coba:

 

1. Anda ini sebenarnya mau ngapain?

Apa tujuan Anda untuk aktif di dunia internet? Apakah sudah sesuai dengan tujuan bisnis Anda?  Ingatlah bawa keaktifan Anda di dunia internet harus memiliki tujuan jelas yang sejalan dengan tujuan bisnis Anda.

Tentukankah tujuan yang jelas bagaikan kristal, misalnya awareness atau engagement dengan jumlah x pengikut. Turunkan juga langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut. Menentukan tujuan sangatlah penting dan krusial dan memikirkan cara untuk mengukur pencapaian dan tujuan Anda juga sama pentingnya.

 

2. Konten apa yang ada di situs Anda?

Konten adalah raja. Konten adalah King Kong. Bayangkan bahwa tingkat kebesaran konten bagaikan besarnya raksasa di mata Anda. Apa yang akan disampaikan konten Anda sama dengan apa yang akan disampaikan situs Anda.

Pikirkan juga hal lainnya, seperti apakah konten Anda unik dan berguna? Apakah para audiens dan pengunjung situs Anda akan memperoleh manfaat dengan membaca situs Anda? Kemudian, seberapa seringkah Anda memperbarui konten situs Anda? Apakah konten Anda sudah sesuai dengan SEO (Search Engine Optimization)?

Ingat juga, sebuah gambar atau video akan selalu menarik di mata audiens dibandingkan sekumpulan huruf dan kata semata. Jika Anda memang memandang audiens Anda sebagai manusia, maka tempatkanlah hal-hal visual atau gambar yang menarik di mata manusia.

Terakhir dan akan selalu ditekankan setiap saat, apakah konten Anda sudah sesuai dengan tujuan bisnis Anda?

 

3. Title Tag

Saat Anda sedang memandangi situs Anda, lihatlah ke bagian teratas peramban (browser) Anda. Apa yang Anda lihat tulisan di sana? Nah, apakah tulisan tersebut sudah menggambarkan situs Anda? Apakah deskripsi tersebut menarik dan unik? Apakah deskripsi tersebut mengandung kata kunci yang ingin Anda agar para audiens mengasosiasikannya dengan laman-laman di situs Anda?

Kemudian, jikalau bisnis Anda adalah bisnis lokal, apakah Anda sudah memasukkan kata-kata kunci lokal? Kalau Anda masih bingung dengan pengertian title tag, silahkan cek artinya di internet.

 

4. Track and Analyze

Kelebihan dunia digital adalah segala sesuatu yang sangat terukur. Jadi, Anda dapat berbisnis secara lebih efektif dan efisien. Jadi, Anda dapat membuat suatu hal menjadi lebih baik lagi karena Anda dapat mengukurnya. Gunakan analytics di mana Anda dapat memperoleh banyak data dan informasi yang berguna, misal melacak asal pengunjung situs, berapa lama ada di dalam situs, dst.

 

5. Carilah Tautan ke Dalam (Inbound link)

Carilah komunitas internet atau database bisnis daring yang Anda dapat menaruh informasi tentang situs dan bisnis Anda. Cobalah juga untuk bekerja sama dengan pemilik situs lain agar Anda dapat meletakkan tautan dari situs rekan Anda ke dalam situs Anda.

 

6. Kunjungi Kompetitor Anda

Kunjungi situs kompetitor Anda. Carilah informasi tentang seberapa seringnya konten kompetitor Anda diperbarui, kata-kata kunci yang digunakan sebagai masukan bagi Anda. Manfaat lain yang dapat diperoleh adalah adanya ide-ide bagi Anda untuk merumuskan rencana internet marketing Anda.

 

7. Sadarilah Kekurangan

Selalu berkaca dan selalu evaluasi kekurangan yang mungkin ada dalam situs Anda. Dalam dunia digital, sedikit, kalau bukan tidak ada sama sekali, situs yang benar-benar tidak memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut bisa dari sisi konten, rentang waktu penerbitan konten baru, kurangnya tautan ke dalam, dsb.

 

Baca juga: Solusi Etobee dan GudangBang Untuk UMKM Indonesia

 

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top