Bisnis

3 Taktik Jitu Tembus Target Marketing!

3 Taktik Jitu Tembus Target Marketing

UGNews.co.id, Jakarta – Bagaimana cara memasarkan dan mempromosikan produk di Indonesia? Pertanyaan tersebut kadang membuat pusing para pelaku bisnis di Indonesia, baik pelaku bisnis B2C (Business-to-Consumer), C2C (Customer-to-Customer), atau pelaku B2B (Business-to-business).

Memahami cara berbisnis jelas bukan hal mudah, apalagi jika harus memahami mulai dari kebutuhan konsumen hingga pemasaran serta penjualan. Namun, di balik kesulitan berbisnis, telah dijanjikan terbukanya sembilan dari sepuluh pintu rejeki.

Untungnya kita telah memasuki era digital yang semakin memudahkan para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya, khususnya dalam hal memasarkan dan mempromosikan produk.

Bagi sektor pedagang skala kecil, kita sudah mudah menemukan situs-situs dan perusahaan yang memudahkan para pelaku bisnis dalam melakukan marketing dan berpromosi kepada pengguna akhir, antara lain Tokopedia dan Bukalapak.

Namun bagaimana cara marketing dan promosi produk B2B, khususnya barang-barang industri MRO (Maintenance, Repair, Operational)? Berikut ini ada 3 (tiga) taktik yang disarankan oleh Irwan Suryady (General Manager Ralali.com).

Taktik pertama, optimalkan situs B2B Online Marketplace. Irwan menyampaikan bahwa B2B Online Marketplace yang baik mampu menjembatani hubungan antara vendor dan konsumen.

Para vendor mudah menemukan konsumen bagi produk-produk industri MRO yang dipasarkan dan sebaliknya, para konsumen juga mudah menemukan vendor-vendor produk MRO yang dibutuhkan.

Taktik kedua, berdayakan Manajemen Hubungan Pelanggan. Dalam dunia B2B, proses yang dibutuhkan agar terjadi transaksi jauh lebih rumit dan dalam dibandingkan dengan B2C dan C2C. Bahkan setelah transaksi terjadi, proses agar konsumen mau menjadi pelanggan tetap sulit.

Karenanya, Irwan menyarankan agar vendor B2B ingin bisnisnya langgeng harus memperhatikan proses-proses pasca penjualan, khususnya dalam hal manajemen hubungan pelanggan.

Taktik ketiga, rutin ikuti pameran bisnis. Cara promosi dan marketing dunia B2B relatif berbeda dengan B2C dan C2C. Pertemuan dan tatap muka langsung menjadi salah satu faktor penting menumbuhkan kepercayaan di sisi vendor dan konsumen.

Pameran-pameran bisnis adalah contoh ajang yang sangat baik untuk melakukan pertemuan langsung dengan banyak vendor dan konsumen.

Banyak jalan menuju Jakarta. Selain ketiga taktik di atas, masih ada cara lain memasarkan produk industri MRO di Indonesia, misalnya media bisnis dan digital marketing.

Sebagai penutup, Irwan menambahkan, “Indonesia sedang dalam tahap menggenjot pembangunan. Ralali.com sebagai perusahaan perintis yang memosisikan diri sebagai B2B Online Marketplace mengajak para pelaku bisnis Indonesia untuk turut untuk mendorong pertumbuhan sektor industri.”

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top