Bisnis

Cara Mind Mapping Kreatif dan Efektif

Cara Mind Mapping Kreatif dan Efektif

UGNews.co.id , Jakarta – Selama masa perkuliahan, pasti banyak hal-hal penting yang dipelajari. Tapi terkadang beberapa hal tersebut sering terlupakan. Misalnya dalam perkuliahan Stastistika, banyak rumus yang sudah dipelajari, tapi saat ujian mungkin lupa tentang rumus-rumus tersebut. Oleh karena itu, catatan memiliki peranan penting untuk membantu mempermudah dalam hal mengingat. Sesuatu akan mudah diingat bila dilakukan secara berulang-ulang. Mind map berfungsi sebagai sebuah metode mencatat yang berperan sangat powerful.

Mind map adalah sebuah cara mencatat kreatif yang memanfaatkan bagaimana otak Anda bekerja selama memproses suatu informasi secara alami. Selama informasi disampaikan, otak akan mengambil berbagai tanda dalam bentuk  beragam mulai dari gambar, bunyi, bau, pikiran hingga perasaan. Selanjutnya melalui pembuatan mind map, informasi tersebut direkam dalam bentuk simbol, garis, kata dan warna.

Pada mind map, Anda akan mencatat menggunakan kata kunci dan gambar. Gambar dan warna akan sangat memudahkan otak untuk mengingat sesuatu karena otak senang dengan gambar dan warna. Untuk pembuatan diperlukan alat-alat antara lain kertas putih, pensil, spidol, kreativitas dan imajinasi Anda sendiri. Catatan mind map dibuat dari tengah kertas kemudian bercabang-cabang seperti pohon untuk membahas bagian demi bagian dengan menggunakan peralatan tersebut. Catatan kreatif akan membantu Anda dalam proses mengingat dan memahami suatu hal.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top