Bisnis

Tips Jitu Mencari Konsumen

Tips Jitu Mencari Konsumen

 

UGNews.co.id – Jakarta, Saat kita memulai langkah ke dalam pasar, kita harus memahami pasar. Kita harus mengetahui solusi yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan calon konsumen kita. Agar kita dapat mengetahui solusi tersebut, pertama-tama kita harus mencari konsumen yang ingin kita layani melalui segmentasi konsumen.

Pasar konsumen sangat luas dan bervariasi. Kita memerlukan pengetahuan untuk membagi pasar yang luas tersebut berbasis sekumpulan konsumen yang memiliki kebutuhan atau masalah yang sama alias homogen.

Untuk memudahkan pemahaman mengenai segmentasi konsumen, mari Irwan Suryady (General Manager Ralali.com) memberikan saat dirinya bersama Joseph Aditya (CEO Ralali.com) mendirikan Ralali.  Ralali memosisikan diri sebagai Business-to-Business (B2B) Online Marketplace. Melalui pernyataan business-to-business, secara gamblang perusahaan ini sudah menyatakan posisinya sebagai organisasi dengan fokus pelayanan terhadap konsumen dunia bisnis.

Segmentasi geografi adalah segmentasi konsumen dilakukan berdasarkan wilayah, misal negara, provinsi, kota, kabupaten, kompleks tempat tinggal, dan bahkan bahasa penutur. Ralali.com karena berbasis internet, tentunya tidak ada batasan geografi secara umum dalam melayani konsumen dunia bisnis.

Segmentasi demografi adalah segmentasi konsumen berdasarkan umur, pendapatan, jenis kelamin, pekerjaan, suku, dan masih banyak lagi. Secara mudahnya, perhatikan KTP kita dan perhatikan bagaimana cara negara mengetahui identitas kita.

Dalam konteks Ralali, konsumen yang dilayani terdiri dari dua bagian, yaitu penjual (seller) dan pembeli (buyer). Untuk memenuhi kebutuhan dunia industri, khususnya dalam hal MRO (Maintenance, Repair, & Operational), B2B Online Marketplace ini melayani dua segmen konsumen, yaitu para produsen barang-barang industri (pemilik merek – seller) dan para konsumen barang-barang industri (pengguna akhir – buyer).

Segmentasi psikografi adalah segmentasi konsumen berdasarkan emosi, aktivitas, gaya hidup, atau ketertarikan terhadap suatu hal. Psikografi adalah hal yang sangat penting dalam pembuatan strategi segmentasi konsumen karena mengidentifikasikan aktivitas pribadi dan gaya hidup konsumen yang dituju.

Karena Ralali langgeng dalam berbisnis, tentu wajib memperhatikan faktor-faktor psikografi yang dicari oleh para konsumen dunia bisnis, yaitu efektif, efisien, transparan, dan kepercayaan. Berarti, menyediakan produk yang mampu memenuhi nilai-nilai tersebut adalah salah satu jalan terbaik untuk merebut hati para konsumen dunia bisnis. 

To Top