Health

Virus Zika Tidak Menular Melalui ASI

Virus Zika

UGnews.co.id – Jakarta, Berita Virus Zika sudah dinyatakan sebagai keadaan darurat golbal sebab hal itu berkaitan erat dengan meningkatnya jumlah bayi yang akan lahir dengan kepala kecil di Brazil. Sampai saat ini, warga Brasil yang positif terinfeksi Zika sudah mencapai 1 juta jiwa dan telah menyebar ke 36 negara.

Beberapa waktu yang lalu, WHO mengungkapkan bahwa Zika sudah terdeteksi dalam ASI dari dua orang ibu, namun belum ada laporan resmi yang membuktikan kalau Zika menular ke bayu lewat ASI.

Badan Kesehatan U.N mengakui kalau memang ada banyak pertanyaan yang belum terjawab seputar Zika dan ASI, termasuk juga kandungan virus tersebut didalam ASI, apakah ASI seorang ibu bisa menyalurkan antibodi pelindung untuk bayi agar dapat terhindar dari infeksi Zika, dan berapa lama virus itu bertahan didalam ASI.

Akan tetapi, WHO menegaskan, tidak ada kasus neurologis parah pada bayi apabila bayi terinfeksi virus Zika setelah mereka lahir. Itu artinya WHO tetap menyarankan para ibu untuk menyusui walaupun wabah Zika sedang booming.

“Manfaat ASI bagi bayi dan ibu lebih besar ketimbang resiko penularan Zika lewat ASI,” ujar WHO seperti yang kami kutip dari laman Kompas.com, Senin (29/2/2016).

Menurut informasi, Zika banyak menyebar lewat gigitan nyamuk, walaupun ada juga kasus yang menyebutkan penularan melalui hubungan seksual, itu sangat jarang terjadi. WHO juga mengingatkan kalau Zika bisa menyebar melalui transfusi darah.

WHO berjanji akan terus meninjau bukti baru bulan depan untuk memberikan solusi tepat agar penyebaran Zika bisa di minimalisir sedini mungkin.

 

Baca Juga: Tips Menjaga Bayi Kembar di Masa Kandungan

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top