Health

Tips Mengatasi Stres Bagi Wanita Hamil

Wanita Hamil

UGnews.co.id, Bagi wanita yang dalam masa kehamilan adalah salah satu masa paling berat bagi kaum perempuan. Beberapa aktivitas yang biasanya dilakukan mungkin malah berbahaya untuk wanita hamil.

Dr. Mary Kimmel dari Perinatal Psyhiatry Inpatient Unit di Fakultas Kedokteran Universitas Carolina Utara sebagaimana yang kami kutip dari laman LiveScience mengungkapkan, ada banyak hal yang mampu membuat ibu hamil stres, dan salah satunya itu bisa berasal dari luar. Baca Juga: Tips Menjaga Bayi Kembar di Masa Kandungan

Misalnya, obrolan yang bikin perempuan khawatir akan perkembangan janinnya, atau dia menganggap kehamilan bisa berpengaruh ke hubungannya dengan pasangan.

Lalu ada juga faktor dari dalam, misalnya perubahan hormon sebab Hormon Kortisol atau yang biasa disebut hormon stres akan meingkat saat perempuan sedang hamil.

Bahkan hormon yang berkaitan dengan selera makan pun bisa berubah ketika proses pencernaan.

Ditambah lagi tubuh yang mudah nyeri di tulang belakang seiring usia kehamilan. Lantas bagaimana tips untuk mengatasinya ?

Hal paling penting untuk menghadapi rasa stres ketika hamil yaitu dengan mengenali dahulu apa penyebabnya dan pahami pula perubahan yang bisa meningkatkan stres. Baca Juga: 7 Tips Ampuh Melangsingkan Badan Pada Wanita

Menurut Kimmel, perempuan yang sedang hamil, harus bisa memperlakukan dirinya dengan baik dan tidak mengalami penyesalan di kemudian hari. Saat mengidam misalnya, perempuan yang sedang hamil harusnya paham kalau dirinya akan mengalami hal itu kapan saja.

Tidak masalah kata Kimmel untuk mengkonsumsi sesuatu yang di inginkan selama masih dalam kewajaran dan tidak membuat penyesalan di kemudian hari. Baca Juga: No Bra Day: Sehari Tanpa Bra Dapat Cegah Kanker Payudara

Selain itu, rajinlah untuk konsultasi ke dokter. Selain untuk mendapatkan dukungan, juga bisa mempersiapkan mental perempuan hamil. Kondisi depresi sebelum dan stelah melahirkan, menurut Kimmel, bisa diatasi.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top