Health

Statin Dapat Mengobati Penyakit Stroke

Stroke, Tips Kesehatan

UGnews.co.id, Keadaan seseorang di tingkat kolesterol tinggi, target turunnya kolesterol darah dapat tidak tercapai Cuma dengan mengandalkan pola hidup yang sehat, hingga paling parahnnya anda dapt terkena stroke.

Untuk itu, dibutuhkan terapi obat sebagai modal untuk menurunakn kolesterol darah. Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Sakit Kepala Mendadak?

Dr. Mursyid Bustami, seorang spesialis sarah di RS. Pusat Otak Nasional (RS PON), mengungkapkan salah satu obat yang sangat direkomendasikan untuk bisa menurunkan kadar kolesterol yaitu obat statin.

Obat ini sangat efektif untuk dapat menghancurkan kolesterol jahat yang selama ini dikenal dengan Low Density lipoprotein (LDL). Ini merupakan faktor resiko utama penyebab terjadinya stroke, namun banyak orang belum sadar akan hal tersebut.

“Jika digunakan bersamaan dengan pola hidup yang sehat, terapi obat ini akan membantu turunnya kolesterol LDL seseorang,” ujar Mursyid seperti yang kami kutip dari laman UGnews.co.id, Rabu (2/3/2016). Baca Juga: Tips Mengatasi Stres Bagi Wanita Hamil

Sama hal nya dengan jenis obat lainnya, terang Mursyid, golongan statin selain banyak manfaat juga memiliki efek samping. Akan tetapi, efek samping itu dapat diatasi jika pengunaannya benar dan tepat.

Isu yang selama ini beredar tentang efek samping statin, seperti bisa menimbulkan memory loss ataupun turunnya kemampuan kognitif membuat pasien menjadi takut untuk mengkonsumsi obat ini. Baca Juga: Virus Zika Tidak Menular Melalui ASI

Ada beberapa penelitian meta-analisis terbaru yang telah dipublikasikan di jurnal internasional telah menyebutkan, tidak ada hubungannya antara penggunaan golongan obat statin dengan memory loss apalagi stroke sehinga obat statin tidak memiliki resiko seperti yang selama ini diketahui masyarakat.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top