Health

Paracetamol Bisa Sembuhkan Demam Berdarah

Paracetamol

UGnews.co.id , Demam Berdarah Dengue (DBD) punya gejala yang beragam, salah satunya yaitu demam tinggi hingga 39 derajat celcius.

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, mengatakna untuk memberikan pengobatan yang tepat bagi penderita DBD. Diantaranya dengan memberikan paracetamol. Itu karena obat ini dinilai aman serta mampu mengurangi nyeri dan demam.

Hal serupa juga dijelaskan oleh Guru Besar Divisi Infeksi dan Penyakit Tropis, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, Prof. DR.dr.Sri Rezeki Hadinegoro, Sp.A(k) yang menyebutkan kalau paracetamol adalah obat pertama yang mesti diberikan bagi mereka penderita demam.

“Kami sarankan obat yang aman untuk mengobati demam, yaitu paracetamol. Obat ini mampu mengurangi rasa nyeri dan demam,” tutur Prof Sri.

Akan tetapi, 65 persen dari warga Indonesia belum tahu obat yang mestinya dihindari oleh anak-anak penderita DBD.

Menurut penelitian GSK Consumer Healthcare pada 2015 lalu, Cuma 10 persen dari mereka yang tahu obat DBD yang harus dihindari.

“Muntah-muntah disertai demam dikira DBD. Namun ada juga pasien yang mengalami hal serupa namun hasil lab nya bagus rupanya ia mengalami gangguan lambung karena obat. Oleh salah kasih obat tadi, resikonya jadi pendarahan dan gangguan lambung.” Tambahnya lagi.

Selain itu, ia juga menambahkan untuk tidak memberikan antibiotik bagi penderita. Menurutnya, antibiotik Cuma digunakan untuk menyembukan penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

“Ya kita liat antibiotik, berarti dia anti kehidupan bakteri. Bukan infeksi virus. Kalo DBD itu nggak pernah kita kasih antibiotik,” tutupnya.

 

Baca Juga Virus Zika Tidak Menular Melalui ASI

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top