Health

Olahraga Sejak Dini Bikin Otak Lebih Sehat

Olahraga Otak, Olahraga, Tips Kesehatan

 

UGNews.co.id , Jakarta – Berolahraga sejak dini tak hanya membuat tubuh lebih sehat, tapi juga otak. Penelitian dari Universitas Colorado di Amerika Serikat menemukan, komunitas mikroba dalam usus menjadi lebih baik, membuat otak lebih sehat. Penelitian ini menunjukkan olahraga yang dilakukan sejak masih anak-anak hingga remaja mengoptimalkan peluang kesehatan seumur hidup yang lebih baik.

Latihan mempengaruhi banyak aspek kesehatan, baik metabolisme dan mental, kata peneliti senior Monika Fleshner dari Universitas of Colorado.

Mikroba mengambil tempat tinggal dalam usus manusia segera setelah lahir dan sangat penting untuk perkembangan sistem kekebalan tubuh dan berbagai fungsi saraf. Usus manusia dianggap sebagai pelabuhan untuk lebih 100 trilyun mikroorganisme.

Mikroba ini dapat menambah sebanyak lima juta gen ke profil genetik di tubuh seseorang. Dengan demikian, hal itu menambah kekuatan yang luar biasa untuk mempengaruhi aspek fisiologi manusia.

Penelitian itu berdasarkan studi terhadap tikus remaja dan dewasa. Pada tikus remaja yang secara rutin melakukan olehraga memiliki struktur mikroba lebih menguntungkan, termasuk perluasan spesies bakteri probiotik dalam usus mereka dibandingkan dengan tikus dewasa

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top