Citizen

Teknologi Kursi Roda yang Digerakkan Pikiran

Teknologi Kursi Roda yang Digerakkan Pikiran

UGNews.co.id – Jakarta , Kebenaran kursi roda buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang satu ini tidak bisa kita ragukan lagi. Pasalnya kursi roda tersebut bisa digerakan dengan instruksi pikiran kita. Namun begitu, hingga kini belum ada nama khusus yang diberikan untuk kursi roda canggih tersebut.

Terdapat beberapa komponen penting yang di tanamkan pada kursi roda tersebut. Pertama adalah elektroda penangkap sinyal dari otak yang terpasang pada kupluk atau penutup kepala. Total elektroda tersebut ada 32. Pada bagian belakang kursi roda terdapat perangkat untuk memperkuat sinyal. Sinyal otak punya tegangan kurang dari 60 mikrovolt sehingga harus diperkuat agar cukup untuk menggerakkan sebuah benda.

Agar dapat bergerak, kursi roda ini dibekali sebuah laptop yang menunjukkan instruksi untuk mengontrolnya. Sebuah gambar sederhana ditayangkan pada laptop tersebut, berupa kotak di bagian kanan, kiri, atas, dan bawah. Kotak atas untuk maju, kotak bawah untuk menghentikan laju kursi roda. Sedangkan kotak kanan dan kiri merupakan arah untuk berbelok sesuai dengan perintah pikiran kita.

Namun, sepertinya temuan ini masih butuh banyak penyempurnaan lagi. Pasalnya untuk mengendalikan fungsi kursi roda ini masih cukup sulit. Walaupun kita sudah fokus menatap kotak bagian tertentu pada layar, gerakan kursi roda kadang tak selalu tepat. Misalnya, ketika kita menatap kotak bagian kanan agar bisa berbelok ke arah tersebut, kursi roda tetap saja bergerak lurus.

Arjon Turnip selaku peneliti Balai Pengembangan Instrumentasi yang memimpin proyek kursi roda ini mengungkapkan jika amat diperlukan sinergi lembaga penelitian, universitas, serta pihak industry terkait pengembangan kursi roda ini.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top