News

Luhut Panjaitan: Pemerintah Akan Hidupkan Kembali Kilang Mini TWU

Luhut Panjaitan

UGnews.co.id , Berita Luhut Panjaitan selaku Menteri Koordinator Polhukam menegaskan, pemerintah akan kembali mengupayakan kilang mini milik PT Tri Wahana Universal (TWU) yang berada di Desa Sumengko, Bojonegoro, Jawa Timur, berporasi.

Seperti yang diketahui, klang mini swasta pertama yang ada di Indonesia tersebut memiliki kapasitas 16.000 barel per-hari dan sudah berhenti produksi sebab tidak memiliki pasokan minyak mentah sejak 16 Januari 2016 lalu. Baca Juga: Tanggapan ESDM Tentang Indonesia Yang Banyak Impor

Kilang minyak itu tidak memproduksi sebab pemerintah belum memutuskan solusi harga mulut sumur serta volume minya kmentah yang harusnya akan dialokasikan ke kilang mini TWU.

“Bukannya pemerintah nanti akan membangun bangak kilang, kenapa kilang mini ini dimatikan ? contohnya kilang mini milik PT Tri Wahan Universal yang ada di Bojonegoro. Sekarang kami tengah berupaya agar bisa hidup kembali,” ujar Luhut seperti yang kami kutip dari laman UGnews.co,id, Selasa (1/3/2016).

Lewat konsep kilng mini, alokasi crude dengan harga di mulut sumur tentu akan menciptakan efisiensi dalam hal memangkas biaya transportasi. Baca Juga: Ade Komaruddin, Ketua DPR Baru

Ditambah lagi dengan dibangunnya kilang mini dilokasi-lokasi sumur minyak yang tersebar di tiap daerah mampu menciptakan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Saya tidak habis fikir kenapa bisa berhenti. Namun intinya yaitu, dulu pernah ada kajian kalau kilang mini itu lebih efisien, sebab langsung didistribusikan ke daerah itu sendiri. Jadi tidak ada biaya transportasi lagi,” tambah luhut.

Luhut juga mengatakan bahwa kilang mini juga memiliki keuntungan lebih ketimbang lainnya.

“yang pertama, kilang mini tentu akan meminimalisir kasus pencurian minyak. Dan yang kedua, Dari well (sumur) di tap akan langsung kedia, sehingga biaya akan lebih rendah,” ujar Luhut lagi. Baca Juga: Gadget Gantikan Buku di Masyarakat

Untuk itulah karena manfaatnya yang jauh lebih besar, pemerintah harus mengembangkan kilang mini termasuk juga mengaktifkan kembali produksi kilang mini yang ada di TWU.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top