News

Pertamina Siapkan 2 Miliar Dolar Untuk Bangun PLTS

PLTS

UGnews.co.id , Rupanya untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) memerlukan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Dalam lima tahu kedepan, proyek pembangan PLTS yang merupakan bagian dari program Energi Baru Terbarukan (EBT) akan menyedot dana USD 2 Miliar.

“Kita siap untuk mengembangkan PLTS untuk lima tahun kedepan dengan belanja modal sebesar USD dua miliar,” ujar Dwi Soetjipto selaku Direktur Utama Pertamina Di Bandung.

Uang itu, sambung Dwi, nantinya akan digunakan untuk membangun fasilitas pembangkit tenaga surya berkapasitas 1.000 Megawatt (MW) untuk lima tahun kedepan yang memang tidak bisa ditunda lagi. Baca Juga: Tanggapan ESDM Tentang Indonesia Yang Banyak Impor

“Penyebabnya karena kita tidak dapat terus menerus mengandalkan sumber daya yang dipakai saat ini yaitu minyak dan gas bumi, untuk itu lah kami menjalin kerja sama dengan mitra strategis baik dalam negeri ataupun luar negeri, misalnya Pertamina sepakat kembangkan listrik 50 MW di Mandalika,” tuturnya lagi.

Sedangkan Nicke Widyawati selaku Direktur Perencanaan Korporat PT PLN (Persero) mengungkapkan kalau pihaknya juga akan mengembangkan kawasan ekonomi khusus di Mandalika, mereka sangat mendukung proyek serupa untuk mendukung pengembangan EBT.

“Kita mendukung penguatan penggunaan EBT dan konservasi energi, lalu ada dua hal besar yang termasuk kedalam rencana yang sedang kami lakukan,” ujarnya.

Yang pertama, lanjut Nicke, untuk mengakomodasi rencana pencapaian listrik dari EBT 25 persen di tahun 2025 dan program Indonesia terang. Lalu kedua yaitu pembentukan PLN EBT untuk mengatur distribusi energi baru tersebut. Baca Juga: Berita Terkini: Rupiah Kian Melemah Menyentuh Angka Rp 14.695

Saat ini PLN punya enam perusahaan yang bergerak di bidang EBT dan itu akan difungsikan sebagai ‘agregator’ yang nantinya akan membeli seluruh listrik dari energi terbarukan.

“Akan tetapi untuk pelaksaaannya tentu akan menggunakan regulasi yang berlaku,” tutup Nicke.

 

Baca Juga: Saham Wall Street Berasal dari Teknologi Dan Keuangan

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top