News

Ray Tomlinson: Penemu Email Meninggal Dunia

Museum Komputer

UGnews.co.id, Penemu Surat Elektronik (Email), Ray Tomlinson, menghembuskan nafas terakhirnya di usia yang ke 74 tahun. “Penemu teknologi sejati, Ray merupakan orang yang membuat surat elektronik di masa awal jaringan komputer,” ujar Mike Doble selaku juru bicara perusahaan Raytheon seperti yang kami kutip dari laman bertajuk bisnis, Selasa (8/3/2016).

Doble mengungkapkan, Tomlinson meninggal di hari Sabtu pagi (5/3/2016) waktu setempat, namun ia tak mau mengungkapkan tempat kejadian meninggalnya dimana dan juga apa penyebab kematian tersebut. Baca Juga: Pertamina Siapkan 2 Miliar Dolar Untuk Bangun PLTS

Menurut sumber yang kami dapat dari Sydney Morning Herald, Tomlinson meninggal akibat serangan jantung.

Atas kejadian ini, Dunia teknologi sangat berduka karena telah kehilangan Tomlinson, penemu program Arpanet di tahun 1971, yang menjadi pendahulu Internet, dan membuat orang bisa mengirim pesan pribadi ke pengguna komputer lainnya diseluruh dunia lewat server. Baca Juga: Tanggapan ESDM Tentang Indonesia Yang Banyak Impor

“Terimakasih Ray Tomlinson yang telah menemukan Surel dan meletakkan tanda @ didalam peta,” itulah bunyi tweet dari akun resmi Gmail.

Penemu Internet, Vinton Cerf mengatakan kematian Tomlinso merupakan kabar yang sangatlah menyedihkan.

“Penemuannya itu telah merubah cara dunia berkomunikasi. Namun, atas semua pencapaiannya tersebut dia tetaplah rendah hati, dermawan dan baik dengan waktu dan kemampaunnya,” ujar Cerf.

Lahir di Amsterdam, Tomlinson awalnya sekolah di Institut Politeknik Rensselaer dan MIT pada tahun 1960 an, lalu ia bekerja di penelitian serta pengembangan perusahaan Bolt Beranek and Newman yang sekarang menjadi Raytheon BBN Technologies. Baca Juga: Pesona Gerhana Matahari Total di Sumatera

Pada 2008 lalu, Tomlinson sempat menerima penghargaan George R Stibitz Computer Pioneer yang diberikan oleh salah satu Museum Komputer di Amerika Serikat.

Selain itu dia juga telah meraih beberapa penghargaan lainnya seperti penghargaan inovasi dari majalah Discover, Webby Award dari The International Academy of Digital Arts and Science dan Penghargaan Eduar-Rhein Cultural.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top