News

Berita Terkini: Kembali di Buka Jalur Kereta Jakarta Utara

PT KAI, Source Picture: Youtube.com

UGNews.co.id, Jakarta – Pengaktifan kembali jalur Jakarta Kota – Tanjung Priok yang dilakukan oleh PT KAI Daop 1 jakarta menuai banyak kendala. Kendala yang dihadapi dilapangan yaitu KRL tidak bisa melaju  dengan cepat dikarenakan sisi rel kereta belum steril dan masih banyaknya pemukiman liar yang berdiri di sepanjang rel kereta api. Butuh waktu lebih dari satu jam dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Tanjung priok dengan jarak sepanjang delapan kilometer itu.

Banyaknya bangunan liar membuat beberapa kali badan gerbong kereta menyenggol atap dari bangunan liar tersebut, dan memaksa masinis memperlambat  laju kereta.  Jarak antara gerbong dan rumah semi permanen sangat dekat, hampir sudah tidak ada jarak sedikitpun. Banyaknya bangunan liar di sisi rel disebabkan karena warga menganggap sudah tidak aktifnya jalur tersebut sejak 2008 silam. Kendala lainnya yang ditemui yaitu  masih adanya salah satu perlintasan yang belum ada palang pintu.

Senior  Manager PT KAI Daop 1, Bambang Prayitno mengatakan, “Jalur ini akan dijadikan akses warga jakarta yang ingin menuju ke utara Jakarta maupun sebaliknya. Dengan menghidupkan jalur ini sebagai upaya melestarikan bangunan bersejarah Stasiun Tanjung Priok yang masuk dalam cagar budaya Jakarta, terangnya”.

Lintasan kereta Jakarta Kota – Tanjung Priok sendiri melayani empat stasiun. Mulai dari Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Kampung Bandan, Stasiun Ancol, dan berakhir di Stasiun Tanjung Priok.  Jalur tersebut rencananya akan bisa beroperasi maksimal pada Desember 2015.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top