News

Ade Komaruddin, Ketua DPR Baru

Ade Komaruddin, Ketua DPR Baru

UGNews.co.id – Jakarta, Ade Komaruddin yang merupakan politikus Partai Golkar telah dilantik menjadi Ketua DPR RI. Meski sempat diwarnai beberapa interupsi, tetapi prosesi Rapat Paripurna DPR yang digelar pada 11 Januari 2016 lalu itu tetap berjalan.

Ade Komaruddin terpilih untuk menggantikan Setya Novanto, dan telah diambil sumpah dalam
Sidang Paripurna di Gedung Nusantara II DPR Senayan, Jakarta. Namun amat disayangkan, penetapan Ade Komarudin sebagai Ketua DPR RI ini dinilai cacat hukum. Hal ini dikarenakan partai Golkar yang menaunginya tersebut tidak memiliki legal standing yang jelas.

Dilansir dari republika.co.id, Pengamat Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Feri Amsari menuturkan “Jika sebuah partai tidak sah secara hukum, maka seluruh hak dan kewenangannya otomatis akan hilang, termasuk menentukan pimpinan DPR. Akibatnya, tidak hanya membuat partai Golkar kehilangan kesempatan mencalonkan kaderya sebagai ketua dewan, tapi juga membuat seluruh elemennya di DPR cacat hukum, tidak terkecuali  fraksi golkar”.

Selain itu, Feri juga menuturkan bahwa secara tidak langsung konflik Golkar turut menyandera DPR. Sebab, dalam Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3), penggantian DPR berasal dari partai yang sama. Namun, saat ini Golkar mengalami kekosongan hukum.

Namun, hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah bagi Ade Komaruddin. Beliau mengungkapkan bahwa dirinya telah sah dimata hukum dan telah dilantik oleh Ketua MA. Bahkan Agung Komarudin bergegas ingin menemui seluruh ketua umum partai politik dan pimpinan fraksi yang ada di DPR.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top